Metode Sahabat, Metode Mudah Menghafal Al Qur’an

Selama ini, menghafal Al Qur’an dianggap sulit, terutama bagi orang-orang dewasa yang baru berusaha menghafal Al Qur’an. Karenanya, Griya Al Qur’an menggelar kegiatan 1000 Penghafal Al Mulk yang digelar di Masjid Baiturrozak, Sier Surabaya, Ahad (19/5) dalam rangka untuk memberi tips-tips mudah menghafal bagi dewasa.

“Selama ini kita merasa sulit menghafal Al Qur’an, padahal kita dengan sangat mudah menghafal surat-surat pendek,” ujar Ustadz Bairussalim, pengisi acara kegiatan itu. Karenanya, ia melanjutkan ada metode yang mudah yang membuat menghafal surat-surat panjang di Al Qur’an serasa sepeti menghafal surat-surat pendek. “Jika demikian kita akan dengan mudah menghafal ayat-demi ayat Al Qur’an hingga tutas,” ujarnya.

Caranya, ia melanjutkan adalah dengan motode “Sahabat”. “Seperti kita ketahui, sahabat adalah orang yang menemani, melindungi, dan menasihati. Sahabat ini adalah buddy system, yaitu teman yang selalu mendampingi saat kita menghafal Al Qur’an. Ia bisa pasangan kita atau mungkin bahkan anak-anak,” kata kandidat doktor di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini.

Ia kemudian menjelaskan bahwa menghafal Al Qur’an akan lebih mudah jika memilih teman dalam menghafal. “Mereka-mereka ini yang akan terus menyemangati kita, dan mengingatkan saat kita kendor. Tentu sangat indah bukan, jika menjadi program keluarga?” ujarnya bertanya.

Selain dengan memilih sahabat, Ustadz Bairus juga menyarankan, jika menghafal satu halaman, sebaiknya membaginya menjadi empat bagian, kemudian menghafalkannya bagian demi demi bagian. Jika satu bagian sudah hafal, akan melanjutkan ke bagian berikutnya. “Dengan begitu, satu halaman Al Quran akan terasa pendek. Kami sudah membuatkan mushaf khusus untuk menghafal. Dengan ini akan lebih mudah,” jelasnya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 800an peserta itu berlangsung semarak. Masing-masing peserta berusaha dengan keras menghafalkan Surat Al Mulk dengan metode yang sudah disarankan dan mushaf khusus yang sudah diberikan. Masing-masing dipilihkan pasangannya untuk saling setor dan mengingatkan. Lalu setiap 10 peserta, diberikan ustadz dan ustadzah dari Griya Al Qur’an untuk menyetorkan hafalan surat Al Mulknya.

“Fungsi ustadz di sini, adalah untuk membetulkan bacaan saat setoran hafalan. Ini menjadi sangat penting. Ustadz-ustadz di Griya Al Qur’an adalah para hafidz yang siap membantu dalam program menghafal Al Qur’an,” ujarnya.

“Alhamdulillah metode ini sangat membantu kami dalam mengahafal. Saya berhasil menghafal Al Mulk hari ini, in syaa Allah metode ini akan saya teruskan untuk menghafal surat-surat lain yang lebih panjang,” ujar Nia, salah satu peserta. (wir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat