MPA: Kisah Tuna Netra Menghafalkan Al Quran 30 Juz hanya Dalam Waktu 8 Bulan

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Setiap orang memiliki kisahnya sendiri dalam menghafal Al Quran, begitu pula yang  dialami Abdul Manan (48), seorang Tuna Netra yang menghafal 30 Juz setelah di vonis tidak bisa melihat. dalam acara Majelis Pecinta Al Quran, dia membagikan kisahnya kepada Suaramuslimdotnet (11/9).

“Saya menghafal Al Quran setelah dua tahun tidak bisa melihat, tepatnya pada tahun 2009 dan saya tidak bisa melihat mulai 2007, saat itu saya mulai menghafal dengan menggunakan Mp4 yang dibantu oleh istri saya” tuturnya.

“Saya menghafal mulai dumur 39 dan sekarang sudah umur 48, sudah 9 tahun saya menekuni Al Quran. Dulu kalau menghafal,  1 Minggu saya menghafal 1 Juz, begitu seterusnya  hingga saya menghafal 30 Juz dalam waktu 8 bulan, alhamdulillah, ini merupakan keberkahan tersendiri bagi saya.” tambahnya.

Saya menghafal sendiri, tidak ada yang menyimak, hanya mengandalkan Mp4, biasanya saya mulai menghafal pada malam hari setelah tidur, dan hafalan itu saya murajaah (ulang) terus, dan siangnya saya murajaah”. Ungkap Abdul Manan.

“Dulu saya tidak menyangka, awalnya saya ragu apakah bisa menghafal Al Quran dengan keterbatasan saya ini, namun alhamdulillah berkat pertolongan Allah SWT bisa menghafal Al Quran” Tambahnya.

Uniknya pada awalnya istrinya tidak mengetahui bahwa dia menghafal Al Quran.

“Awalnya istri saya tidak tahu bahwa saya menghafal Al Quran namun semakin lama tau-tau sendiri” ceritanya Abdul Manan yang juga Pengajaar ini.

Saat ini aktivitasnya adalah mengajar Al Quran ditempatnya Probolinggo, dia merupakan salah satu calon wisudawan Al Quran yang diselenggarakan oleh Griya Quran.

“Saya tahu wisuda akbar ini dari Radio Suaramuslim, saat itu saya catat, dan saya daftar, alhamdulillah berkat bantuan para Ustaz, saya bisa mengikuti wisuda akbar hari ini” pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Ali Hasibuan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *