Tiadalah Sesuatu Menjadi Berarti Tanpa Allah

Manusia tidaklah berdaya tanpa adanya bantuan dan arahan dari Allah SWT karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang lemah dan membutuhkan bimbingan dari Allah. Allah berfirman:

Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah, dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (Al-Fathir [35]: 15).

Dan manusia dijadikan bersifat lemah.” (An-Nisa’ [4]: 28).

Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antaramu).” (An-Nisa’ [4]: 83).

Sekiranya tidaklah karena karunia dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, tidak seorang pun dari kamu bersih (dari perbuatan perbuatan keji dan munkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.(An-Nur [24]: 21).

Siapa pun yang menghendaki kehidupan duniawi (saja), maka Kami segerakan baginya di dunia nikmat yang Kami kehendaki, bagi orang-orang yang Kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka Jahanam, ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan siapa saja yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh, sedang ia mukmin, maka mereka itu orang-orang yang usahanya dibatasi dengan baik. Kepada masing-masing golongan, baik golongan ini maupun golongan itu, Kami berikan karunia dari pemberian Tuhanmu. Dan pemberian Tuhanmu tidak dapat dihalangi. Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain). Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi derajatnya dan lebih besar keutamaannya.” (Al-lsra’ [17]: 18-21).

Siapa lagi yang akan menolong suatu kaum jika bukan Allah? Siapa lagi yang akan membantu mereka jika bukan Allah? Hanya Allah yang menunjukkan dan mengarahkan kita kepada jalan yang benar. Allah yang memilihkan jalan untuk kita lalui dalam kehidupan ini.

Allah berfirman:

Lalu Tuhan memilihnya dan menjadikannya termasuk orang-orang yang saleh.” (Al-Qalam [68]: 50)

Teruslah mengingat bahwa kita sebagai manusia tiadalah berarti tanpa Allah.

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.” (al-Fatihah [1]: 5).

Lakukanlah apa yang Allah perintahkan dan jauhi segala larangan Allah. Percaya pada Allah bahwa Allah akan membantu kita, mengarahkan kita pada jalan yang benar, jalan yang terhindar dari murka-Nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *