Membimbing Anak Menuju Generasi Islami

Pendidikan yang mengarah kepada kehidupan yang Islami akan menumbuhkan generasi-generasi penerus yang memahami betapa pentingnya sebuah perjuangan. Baik perjuangan dalam menggapai kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat kelak.

Tujuan dari diterapkannya pendidikan agama (Islam) sejak dini adalah agar menjadi manusia yang tidak terperdaya oleh kehidupan dunia.

Allah berfirman:

“Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah.”  [QS.Fatir 5]

Dari ayat tersebut diatas bisa diambil pelajaran bahwa syaitan akan menipu manusia dengan menjadikan manusia tidak berdaya menghadapi kehidupan dunia hingga tersesat dari jalan Allah. Disinilah peranan seorang ibu adalah benteng pertama dalam menjaga anak-anaknya dari pengaruh buruk kehidupan duniawi. Ibu menjadi guru yang pertama kali mengajarkan pengetahuan kepada anak-anaknya.

Peran Penting Seorang Ibu Dalam Mendidik Anak

Ibu yang baik yang taat beribadah, akan senantiasa membimbing anak-anaknya agar memiliki pengetahuan agama yang kuat, sehingga ada kemampuan bertahan menghadapi godaan dan cobaan nantinya.

Membangun komunikasi yang baik seorang ibu harus mampu membangun komunikasi yang baik dalam keluarga, baik itu komunikasi dengan suami maupun komunikasi dengan anak.

Seorang ibu harus mengerti betul karakter dari anak-anaknya. Dengan membangun komunikasi yang baik maka anak akan merasa mendapatkan tempat mengadu dan tempat mencari solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi. Ibu haruslah menjadi tempat anak mencurahkan isi hatinya.

Dengan demikian ibu akan bisa mengarahkan anak-anaknya kepada hal-hal yang baik. Begitu pula terhadap suami, tempatkanlah suami kepada hal-hal yang layak untuk menjaga kewibawaannya.

Hubungan baik dan terbuka dengan suami dengan membicarakan permasalahan anak-anaknya akan lebih memudahkan dalam penerapan aturan-aturan yang dibuat sehingga menjadi rumah tangga yang terarah, teratur dan bisa menjadi panutan bagi warga sekitarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *