Memastikan Diri di Jalan Iman dan Amal Sholih

Allah memberikan segala kelebihan yang ada di dalam diri manusia. Jika manusia memahami kehendak-Nya, tentu manusia akan mengisi kehidupan ini dengan sesuatu yang menguntungkan. Keuntungan yang pasti adalah keuntungan di dunia dan di akhirat.

Manusia harus menggunakan segala kelebihan yang dititipkan oleh Allah untuk jalan iman dan amal sholih. Kelebihan ini juga harus dimanfaatkan untuk jalan kesyukuran, jalan ibadah, taat, dan tunduk patuh kepada-Nya.

Manusia perlu menyadari bahwa keuntungan sementara di dunia adalah untuk membeli keuntungan yang kekal di akhirat kelak. Segala apa yang dititipkan dan diberikan Allah di dunia adalah untuk selalu tekun beribadah kepada-Nya dan untuk meningkatkan iman dan amal sholihnya.

Sebagai makhluk ciptaan Allah, manusia perlu menjaga hubungan vertikal dengan-Nya dengan selalu taat dan tunduk patuh kepada-Nya. Adapun menjaga hubungan horizontal adalah dilakukan dengan memberikan kebaikan kebaikan yang diberikan kepada sesame.

Allah berfirman:

“Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa dibumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikanNya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. 6: 165)

“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebahagian yang lain beberapa derajat, agar sebahagian mereka dapat mempergunakan sebahagian yang lain.Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”  (QS. 43: 32)

Segala nikmat yang diberikan oleh Allah bukan digunakan untuk saling bersaing dan saling bersombong untuk saling mengalahkan. Justru seharusnya digunakan untuk saling diberikan satu dengan yang lain. Dapat dalam bentuk hadiah atau sedekah yang semuanya diwarnai dalam berlomba-lomba untuk mendapatkan peningkatan iman dan amal sholih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *