Langkah-Langkah Menjadi Manusia Senang Berilmu

Mungkin tak sedikit dari kita yang menganggap belajar bukanlah hal yang menyenangkan. Begitu banyak tantangan dan kesulitan yang dialami saat seseorang memutuskan untuk belajar. Kesulitan tersebut misalnya sulitnya ilmu yang harus dipelajari. Dapat juga berupa rasa malas maupun gangguan dari luar yang membuat hati makin enggan belajar.Ketahuilah, sejatinya, ilmu adalah sesuatu hal yang penting bagi seseorang. Bahkan dalam agama islam mengajarkan kita untuk berusaha menjadi orang yang berusaha berilmu.

Allah berfirman:

“Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujadalah : 11)

Jika Allah SWT saja sudah meminta kita untuk berilmu, sudah pasti dibalik itu akan ada banyak manfaat yang tersembunyi di dalamnya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita memantaskan diri menjadi manusia yang gemar berilmu.

4 Langkah Agar Menjadi Manusia yang Senang Berilmu

Berikut adalah hal yang dapat dilakukan agar menjadi manusia yang senang dalam berilmu:

1. Memperbaiki niat untuk menuntut ilmu karena Allah

Jika ingin berilmu, cobalah untuk senantiasa mengingat Allah. Jadikan tujuan kita menuntut ilmu karena-Nya, karena jika niat kita didasari oleh perintah Allah, insyaAllah ilmu yang kita peroleh akan selalu diikuti dengan keberkahan.

2. Menentukan metode belajar yang tepat

Ada kalanya kita menjadi malas menuntut ilmu karena merasa sulit untuk mengerti dan memahami materi.kita terlalu pesimis hingga menganggap belajar adalah hal sulit untuk dilakukan. Kesulitan tersebut bisa saja berasal dari metode belajar yang kurang tepat. Setiap orang memiliki metode tersendiri dalam belajar.

Ada orang yang lebih mudah memahami suatu materi dengan membaca atau melihat video. mereka disebut kategori visual. Ada pula yang baru paham dengan mempraktekkan,orang dengan cara belajar ini disebut kinestetik. Cobalah untuk mengenali diri kita dan mengetahui metode belajar yang tepat seperti apa yang dibutuhkan.

3. Mengingat urgensi ilmu

Cobalah untuk mengingat pentingnya menjadi manusia yang berilmu. Manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh. Karena ketika tujuan kita jelas dan tahu apa manfaat dari apa yang kita kerjakan akan memotivasi kita untuk senantiasa istiqomah belajar.

4. Haus akan ilmu

Jangan menjadi pribadi yang berpuas diri dan teruslah merasa bahwa diri kita ini masih bodoh, karena ketika pada suatu hari kita sudah merasa pintar akan berpuas diri dan enggan belajar lagi.

Tetaplah bersemangat menuntut ilmu, ingat selalu pada petuah Imam Ghazali, “Bila tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung kebodohan”.

Terakhir, ingatlah ilmu itu ibarat pohon yang selalu didamba yang mengitarinya, menunggu manfaat dan buahnya. Jadi jadikanlah ilmu kita bermanfaat untuk diri, keluarga, lingkungan dan umat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *