Kenali Apa itu “Nuzulul Quran dan Lailatul Qadr”

oleh: Ust. Mudawi Ma’arif Lc, MA

(Pengasuh Program Menghafal Al-Quran Suara Muslim Surabaya)

quran 1Nuzulul Quran:

Peringatan nuzulul Quran, berarti memperingati turunnya 5 ayat Al-Quran dari surat al-‘Alaq pertama kali yang disampaikan oleh Malikat Jibril kepada Rasul saw. ketika beliau berada di gua hira’, sebagai awal diturunkannya Al-Quran secara berangsur-angsur untuk dihafalkan oleh Rasul dan kaum muslimin.

Disamping untuk penguatan hafalan, hikmah diturunkannya secara berangsur-angsur adalah untuk memberikan bimbingan dan petunjuk langsung kepada umat, bagaimana cara untuk menuju kejayaan dan kemuliaan hidup yang hasanah didunia sehingga diakhirat pun kehidupan hasanah akan didapat. Sedangkan masa diturunkannya Al-Quran secara berangsur-angsur sampai tuntas 30 juz membutuhkan waktu sekitar 23 tahun. Dimana 10 tahun untuk penanaman dan penguatan akidah umat Islam, 13 tahun diturunkan di Madinah untuk pemberlakuan hukum tata negara dan masyarakat agar terjaga kesatuan dan persatuan serta kestabilan umat.

Lailatul Qadr:

Yang berarti malam keagungan, dikatakan malam keagungan karena pada malam itu, Allah menurunkan Al-Quran 30 juz sekaligus. Yaitu diturunkan dari lauh al Mahfudz kelangit terdekat dengan dunia. Adapun waktu kejadiannya agak dirahasiakan oleh Rasul. Meskipun demikian Rasul saw banyak memberikan sinyal adanya beberapa riwayat dari hadith-hadith sahih yang memberikan peluang bagi umat ini untuk mendapatkannya, antara lain:

– Lailatul Qadr terjadi pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramdhan. Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadith sahih Bukhari dari ‘Aisyah ra. bahwa Rasul saw. bersabda:

تَحَرَّوْالَيْلَةَالْقَدْرِفِيالْعَشْرِالْأَوَاخِرِمِنْرَمَضَانَ

“Kosongkan hari-hari kalian untuk mencari keutamaan lailatul Qadr pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.”

– Sepuluh hari terakhir yang ganjil dibulan Ramadhan:  Sebagaimana isyarat Rasul saw. dalam sebuah hadith sahih Bukhari, dari Abi Sa’id: bahwa Rasullah diperlihatkan keagungan lailatul Qadr pada malam-malam ganjil disepuluh terakhir dibulan Ramadhan. Karena itu beliau bersabda:

فَالْتَمِسُوهَافِيالْعَشْرِالْأَوَاخِرِفِيالْوَتْرِ

“Karena itu, carilah keagungan malam al-Qadr pada sepuluh hari terakhir (dibulan Ramadhan) hari-hari ganjil”.

– Bahkan secara spesifik Rasul saw. menegaskan malam al-Qadr terjadi pada tanggal 27 atau 29 bulan Ramdhan. Sebagaimana hadith yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah ra. Rasulullah bersabda:

قَالَ: فِيلَيْلَةِالْقَدْرِ: ” إِنَّهَالَيْلَةُسَابِعَةٍ – أَوْتَاسِعَةٍ – وَعِشْرِينَ،إِنَّالْمَلَائِكَةَتِلْكَاللَّيْلَةَفِيالْأَرْضِأَكْثَرُمِنْعَدَدِالْحَصَى “

“Rasul saw. bersabda tentang kapan terjadinya lailatu lQadr: sesungguhnya ia adalah malam ke 27 atau 29 (bulan Ramadhan) sesungguhnya Malaikat pada malam itu berada di bumi jumlah mereka lebih banyak dari bilangan kerikil.”

Dari tiga tahapan Hadith-hadith diatas menunjukkan bahwa hakikatnya lailatul Qadr itu tepatnya tanggal berapa dirahasiakan. Mengapa dirahasiakan? Tidak lain adalah agar untuk menunjukkan keagungan malam itu, dimana tak seorang pun yang menginginkan untuk mendapatkan keagungannya kecuali ia harus berusaha sekeras tenaga untuk mendapatkannya, agar kesesuaian antara keagungan laitul qadr dan jer ipayah dapat terwujudkan.

Perbedaan antara nuzulul Quran dan lailatul qadr:

  1. Nuzulul Quran (turunnya Al-Quran berangsur-angsur) pada tanggal 17 Ramadhan. Sedangkan Inzaalul Quran (penurunan al-Qur’an secara utuh 30 juz) pada lailatul qadr.
  1. Nuzulul Quran terjadi di gua hira’. Sedangkan  Inzalul Qur’an terjadi di salah satu pada 10 hari akhir di bulan Ramadhan.
  1. Nuzulul Qur’an istilahnya diambilkan dari kata nazala sabagaimana firman Allah dalam surat al-Syu’aro’:193,; نزل به الروح الأمين. Sedangkan Inzal diambilkan dari kata anzala, sebagaimana firman Allah surat al-Qadr: إنا أنزلناه في ليلة القدر

 Demikian penjelasan mengenai keduanya. Semoga bermanfaat. Amin

Wallahu ‘alam Bi Showab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat