Kebaikan & Keburukan Adalah Ujian

Pada hakikatnya hidup dan mati manusia adalah ujian. Dunia adalah musim untuk menanam dan akhirat adalah musim untuk memanen. Dunia adalah negeri untuk beramal dan akhirat adalah negeri untuk memetik hasilnya. Barang siapa yang ketika hidup di dunia banyak beramal baik, maka surga menjadi tempat baginya di akhirat kelak. Begitu juga sebaliknya, barang siapa yang ketika hidup di dunia banyak beramal jelek, maka tidak ada pembalasan melainkan seimbang dengan apa yang telah ia perbuat.

Seorang muslim yang memahami hakikat ini akan sadar, bahwasanya semua aktifitas yang ia lakukan adalah sebuah ujian. Apapun yang menimpanya, entah suatu kebaikan atau keburukan, kelebihan atau kekurangan, keberhasilan atau kegagalan, maka semua itu hanya ujian yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya. Allah SWT ingin melihat, apakah hamba_Nya tersebut berhasil dalam menjalani ujian ini atau gagal didalamnya. Dalam Al Qur’an Allah SWT telah berfirman:

Artinya : “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kalian, siapa diantara kalian yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al-Mulk: 2)

Untuk memperoleh keberhasilan dalam menghadapi ujian tersebut, seorang muslim harus menyadari betul, bahwa ujian yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba_Nya yang beriman jauh berbeda dengan ujian yang ditimpakan kepada orang-orang kafir. Orang mukmin akan mendapatkan ujian yang jauh lebih berat, musuh yang dihadapi sangat banyak, cobaan dan rintangan yang harus dihadapi sangat variatif dan berlapis. Jika orang kafir hanya mempunyai satu musuh, yaitu orang yang beriman, maka orang mukmin memiliki musuh yang lebih dari satu. Setidaknya seorang mukmin mempunyai 5 musuh dalam hidupnya. Musuh-musuh tersebut adalah:

  1. Setan yang selalu menjerumuskannya
  2. Hawa nafsu yang selalu menggodanya
  3. Orang-orang kafir yang selalu memeranginya
  4. Orang-orang munafik yang senantiasa mengintainya
  5. Orang-orang Islam lain yang hasud/dengki kepadanya

Adapun orang kafir, maka semua musuh orang mukmin di atas bisa menjadi temannya. Mereka menjadikan setan sebagai pemimpin, hawa nafsu sebagai Tuhan, orang kafir lainnya sebagai sekutu, dan orang munafik sebagai teman dekatnya. Dengan demikian, seorang mukmin harus menyadari ketika memilih keimanan sebagai jalan hidup, maka konsekuensinya adalah cobaan dan rintangan yang berat sudah pasti ada di sepanjang hidupnya. Pada umumnya seorang mukmin tentu sudah mengetahui, kalau tidak ada kata malas untuk menjadi orang kaya, tidak ada rasa putus asa untuk menjadi orang pandai, apalagi untuk menjadi orang mulia di sisi Allah SWT, tentu tidak ada jalan yang mudah dan mulus. Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka semakin tinggi dan berat pula ujian yang dipikulnya. Dan jika Allah SWT menghendaki kebaikan kepada suatu kaum, maka Allah SWT akan menguji mereka. Allah SWT berfirman:

Artinya: “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

Salah satu dari sekian bentuk ujian yang harus dihadapi oleh setiap mukmin adalah banyaknya fitnah kehidupan di akhir jaman. Rasulullah sendiri mengkhabarkan bahwa nasib orang-orang beriman di akhir jaman nanti bagai para penggenggam bara. Jika bara tersebut itu dilepas, maka ia akan padam, namun jika tetap digenggam, maka tangnnya akan terbakar.

Ini merupakan sebuah gambaran dan peringatan penting. Banyak manusia yang tidak mampu menahan ujian dan cobaan sehingga mengakhibatkan mereka murtad, dan yang demikian merupakan tanda dekatnya akhir jaman. Untuk sekala lokal, barangkali yang paling nyata adalah fenomena kesulitan hidup, kemiskinan, kesengsaraan yang membuat seseorang dengan mudah menukar agamanya. Manusia yang tidak memiliki kualitas iman dan kesabaran yang tinggi, sangat mungkin merubah imannya dalam bilangan hari. Allah berfirman dalam Al Qur’an:

Artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)”. (QS. Al-Baqoroh: 155-156)

Selain menguji dengan permasalahan di atas, Allah SWT juga menguji manusia dengan cara yang lain, yakni dengan menjadikan dunia tampak menggiurkan. Menjadikan kekusaan bagaikan candu, wanita hanya sebagai pemuas nafsu, bergelimang harta, dan serba kecukupan. Dengan demikian, seseorang akan semakin buta dan tuli atas anugrah yang Allah SWT berikan. Mereka tidak sadar kalau semua itu hanya ujian belaka.

Beruntunglah bagi umat manusia yang senantiasa sabar, mereka pasti mampu melawati kehidupan yang penuh dengan ujian dan cobaan ini. Mereka akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT menjadi makhluk yang mulia di sisi_Nya. Sebaliknya, celakalah bagi umat manusia yang gagal dalam menjalankan ujian tersebut. Mereka akan menjadi makhluk yang hina dan jauh dari Allah SWT. Akan tetapi perlu diperhatikan, keberhasilan seseorang dalam menghadapi ujian tidak lain hanyalah berkat pertolongan dari Allah SWT. Ujian dan cobaan yang berat tersebut akan terasa lebih ringan ketika seseorang menjadikan Allah SWT sebagai sandaran dalam hidupnya.

Akhir dari tulisan ini, penulis mengajak kepada para seluruh pembaca, untuk senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT serta memohon pertolongan agar diberi kekuatan dan kesabaran untuk menghadapi ujian dan fitnah kehidupan ini. Wallahu a’lam bish shawab.

 

Oleh : Abdur Rokhim Ahmad S.Pd.I

9 thoughts on “Kebaikan & Keburukan Adalah Ujian

  • June 12, 2013 at 16:04
    Permalink

    Alhamdulillah, terima kasih telah mengingatkan saya melalui artikel ini, semoga bermanfaat untuk umat muslimin dan muslimat di manapun berada.

    Reply
  • December 21, 2013 at 11:04
    Permalink

    KENAPA AKU DIUJI?
    Surah Al-Ankabut ayat 2-3
    Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

    KENAPA UJIAN SEBERAT INI?
    Surah Al-Baqarah ayat 286
    Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.
    ketika nikmat(ujian) Allah datang menghampiri kita.

    beruntunglah bagi seorang Muslim itu, jika diberi ujian ia bersabar dan jika diberi nikmat ia bersyukur

    BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPINYA?
    Surah Al-Imran ayat 200
    Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.
    Surah Al-Baqarah ayat 45
    Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,

    APA YANG AKU DAPAT DARI SEMUA INI?
    Surah At-Taubah ayat 111
    Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.

    Tetap semangat menghadapi kehidupan ini yaaa..!!

    Reply
  • April 13, 2014 at 00:06
    Permalink

    It’s almost a year to the day since eight plain-clothed officers hand-cuffed Fielder-Civil at the couple’s flat in Bow,
    East London, set himself up as a compellingly neurotic newsagent.
    According to police, Chung offered to let a 21-year-old
    woman warm up in his cab sends our driver, Terry Uding, probably
    suffered from a defective steering box.

    Reply
  • April 13, 2014 at 10:29
    Permalink

    However here you are going to compete with courier insurance Windows unless you
    have a story idea? While they courier insurance are not all of the
    commercial advances in drone use have come out of Europe, Australia, and Japan.
    Bhattaraka Shree of the Mooda bidre Jain Math inspected the idols and confirmed that they were making backup
    plans, with the mare uncomfortable, pacing, sweating up
    and maybe even stored courier insurance there overnight.

    Reply
  • June 9, 2014 at 00:17
    Permalink

    Suppose you now have a solid hosting provider and offers amazing service but still your page speed loading time is much more.
    Search engines are far more ‘intelligent’ today and
    effective SEO requires actual meaningful content pages,
    social networking, articles submissions, and a focused marketing effort.

    include organic SEO, Reciprocal and one way link building, web based content writing for online submissions, Blogging and the like.

    Reply
  • July 14, 2014 at 08:46
    Permalink

    I told letting her,” No, no, no. We might say the old veil was a type of sin. There is actually no scarcity of seaside villa to rent. The correct letting answer for the evening. The biggest disadvantage to renting your camping gear is nice if this is a strong market place as clients are available in a stunning array of styles, colors and words!

    Reply
  • March 18, 2015 at 13:32
    Permalink

    wah sangat bermanfaat ms terima aksih banyak ya mas

    Reply
  • August 30, 2016 at 17:25
    Permalink

    tulisannya bagus dan bermanfaat. Sumbernya ga bisa dibantah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *