Keajaiban Dari Membaca dan Menghayati Al-Quran

Al-Quran memiliki keajaiban dahsyat bagi umat muslim yang mau tekun membaca dan mengamalkannya. Al-Quran memiliki manfaat besar bagi setiap jiwa manusia. Dalam hal ini, Allah SWT telah memberikan bukti-bukti yang nyata akan tumbuhnya pribadi-pribadi yang baik bila manusia jika memiliki kesungguhan hati untuk membaca dan mengamalkan A-Quran sebagaimana firman-Nya:

“Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (shalat).” (QS. 3:113)

“Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan mereka menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. 3:114)

Seseorang yang selalu membaca dan mengamalkan Al-Quran pasti memiliki karakter yang baik. Karakter inilah yang akan terbentuk menuju sifat-sifat mulia bila mereka mau bertekun membaca, menghayati dan mengamalkan firman-firman Allah SWT.

Tidak hanya sekedar dibaca, namun juga dipahami untuk kemudian diamalkan untuk diri sendiri hingga menumbuhkan rasa cinta untuk beribadah kepada Allah SWT. Sifat yang demikian akan selalu berusaha menambah kebaikan-kebaikan untuk bekal menuju akherat dan terus menerus mengamalkan kebaikan-kebaikan yang Allah SWT tunjukkan padanya.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS. 35:29-30)

Sungguh besar keajaiban dari Al-Quran. Amal-amal yang ditunjukkan oleh Allah dalam Al-Quran selalu menuntun manusia untuk berbuat baik pada diri sendiri dan pada orang lain.

Membaca, memahami, dan mengamalkan isi dari Al-Quran sangat perlu dibudayakan dalam kehidupan bermasyarakat, agar mereka memilki sikap yang hati-hati dalam hidup. Dengan membaca dan menghayati Al-Quran, manusia dapat menggapai jalan yang membahagiakan. Manusia juga akan tahu mengapa dirinya tersesat, sehingga kemudian segera menyadari dan keluar dari kesesatannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *