Cara Mudah Mendeteksi Keimanan

Griyaquran.org– Dalam Islam, ada cara mudah mendeteksi keimanan seseorang. Salah satunya adalah dengan mendeteksi getaran saat ayat Al Qur’an dibacakan. Bagaimana penjelasannya?

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam surat Al Anfal ayat kedua berfirman yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal.”

Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan, dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya itu, Ibnu Abbas menjelaskan bahwa ayat ini juga menjelaskan karakter orang-orang munafik. Karena meskipun ayat-ayat Allah disebut, tak sedikitpun dari mereka yang terpengaruh hatinya, yang membuatnya tergerak untuk mengerjakan hal-hal yang diwajibkan Allah ta’ala terutama saat sendirian, seperti mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan perintah Allah yang lainnya. Mereka ini sebenarnya sama sekali tidak beriman kepada ayat-ayat Allah. Maka Allah menyebutkan bahwa mereka bukan orang-orang yang beriman.

Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan sifat orang-orang mukmin melalui firman-Nya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut Allah gemetarlah hati mereka. (Al-Anfal: 2). Karena itu, maka mereka mengerjakan hal-hal yang difardukan-Nya. Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambah­lah iman mereka (karenanya). Maksudnya, kepercayaan mereka makin bertambah tebal dan mendalam. dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal. (Al-Anfal: 2) Yakni mereka tidak mengharapkan kepada seorang pun selain-Nya.

Demikianlah sifat orang yang beriman dengan sesungguhnya, yaitu orang yang apabila disebut Allah gemetarlah hatinya karena takut kepada-Nya, lalu mengerjakan semua perintah­Nya dan meninggalkan larangan-larangan-Nya.

Berkumpul dengan Orang Sholeh

Bagaimanapun juga, keimanan seseorang akan terpengaruh dengan lingkungannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, pernah menyampaikan bahwa agama seseorang itu tergantung pada agama temannya.

Dalam hadist lain, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, menggambarkan bagaimana kuatnya lingkungan mempengaruhi seseorang.  Beliau menganalogikan dengan bergaul dengan penjual minyak wangi dan tukang pande besi. Meskipun tidak membeli, orang yang bergaul dengan penjual minyak wangi akan tertular wanginya, sementara yang bergaul dengan pande besi akan turut merasakan panasnya.

Orang-orang yang sholeh adalah orang yang dekat dengan Al Qur’an. Dekat dengan Ahlul Qur’an, tentu akan memengaruhi keimanan seseorang. Berkumpul dengan para penghafal Al Qur’an, minimal akan membuat kita berkeinginan untuk mencoba menghafal Al Qur’an.

Griya Al Qur’an adalah lembaga pengajaran Al Qur’an yang didesain untuk dewasa. Para pengajarnya Hafidz Al Qur’an yang punya banyak pengalaman terkait dengan pengajaran Al Qur’an dan menghafalnya. Ingin lebih sholeh? Berkumpullah dengan Ahlul Qur’an. Ingin Belajar dan Menghafal Al Qur’an? Bergabunglah dengan Griya Al Qur’an. Kunjungi cabang-cabang Griya Al Qur’an di kota Anda. Semoga Allah memudahkan. Aamiin.{}

www.griyaquran.org

One thought on “Cara Mudah Mendeteksi Keimanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat