Dengan Al Quran dan As Sunnah, Istiqomah Pikiran dan Perasaan

Manusia diperintah oleh Allah agar setiap hari mencintai Al Quran dan juga mewarnai pikiran dan hatinya dengan petunjuk, hikmah dan cahaya Al Quran. Jika manusia belum mampu menghayati dalam bahasa Arab, setidaknya manusia mau di setiap hari menghayati Al Quran dalam bahasa terjemah yang mereka pahami. Hati yang suci dan bersih dari dosa, pasti akan merasakan kemuliaan, kehebatan, ketinggian, kelezatan dengan belajar Al Quran.

Hidup di era globalisasi, semakin nyata adanya persinggungan dari pergaulan umat manusia yang sangat heterogen. Dengan setiap hari manusia membaca dan menghayati Al Quran, pengaruh pergaulan negatif yang ada di dunia modern ini dapat dibersihkan dengan Al Quran.

Mereka yang membenci Al Quran

Sejak diturunkan Al Quran hingga saat ini, terus saja ada orang yang benci kepada kitab suci Al Quran. Allah berfirman:

قَالَتْ رُسُلُهُمْ أَفِي اللّهِ شَكٌّ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ يَدْعُوكُمْ لِيَغْفِرَ لَكُم مِّن ذُنُوبِكُمْ وَيُؤَخِّرَكُمْ إِلَى أَجَلٍ مُّسَـمًّى قَالُواْ إِنْ أَنتُمْ إِلاَّ بَشَرٌ مِّثْلُنَا تُرِيدُونَ أَن تَصُدُّونَا عَمَّا كَانَ يَعْبُدُ آبَآؤُنَا فَأْتُونَا بِسُلْطَانٍ مُّبِينٍ

  1. Berkata rasul-rasul mereka: “Apakah ada keragu-raguan terhadap Allah, Pencipta langit dan bumi? Dia menyeru kamu untuk memberi ampunan kepadamu dari dosa-dosamu dan menangguhkan (siksaan) mu sampai masa yang ditentukan?” Mereka berkata: “Kamu tidak lain hanyalah manusia seperti kami juga. Kamu menghendaki untuk menghalang-halangi (membelokkan) kami dari apa yang selalu disembah nenek moyang kami, karena itu datangkanlah kepada kami bukti yang nyata.

فَقَالَ الْمَلَأُ الَّذِينَ كَفَرُوا مِن قَوْمِهِ مَا هَذَا إِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُكُمْ يُرِيدُ أَن يَتَفَضَّلَ عَلَيْكُمْ وَلَوْ شَاء اللَّهُ لَأَنزَلَ مَلَائِكَةً مَّا سَمِعْنَا بِهَذَا فِي آبَائِنَا الْأَوَّلِينَ

  1. Maka pemuka-pemuka orang yang kafir di antara kaumnya menjawab: “Orang ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, yang bermaksud hendak menjadi seorang yang lebih tinggi dari kamu. Dan kalau Allah menghendaki, tentu Dia mengutus beberapa orang malaikat. Belum pernah kami mendengar (seruan yang seperti) ini pada masa nenek moyang kami yang dahulu.

Ajakan untuk  kembali kepada kebenaran, sering dicurigai dan dituduh sebagai mengolok-olok dan menghina agama orang lain. Maha Besar Allah yang menuntun manusia untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Manusia akan belajar mengendalikan hawa nafsunya dan kemudian menemukan kesucian jiwanya. Sehingga kemudian akan dapat menemukan manfaat besar dalam membaca, belajar, menghayati, memahami dan mengamalkan Al Quran.

Perlunya istiqomah setiap hari menghayati Al Quran

Al Quran menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh manusia di jaman modern ini. Manusia akan bergaul dengan orang banyak dengan aneka pola pikir dan pola hati. Maka racun-racun jahat yang menyusup dalam pikiran dan jiwa seorang mukmin dapat segera dibersihkan dengan Al Quran secara instant. Al Quran juga harus didakwahkan kepada seluruh umat manusia, agar seluruh manusia mau menempuh jalan hidup suci dan bersih, sesuai yang kehendak Allah.

Seorang muslim sedang terserang penyakit malas dan enggan belajar Al Quran, hendaklah melakukan puasa-puasa sunnah yang Allah dan Rasulnya tuntunkan. Hal ini untuk menumbuhkan kecintaan membaca, menghayati dan mengamalkan Al Quran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat