Berlomba-Lomba dalam Hal Kebaikan

Islam selalu mengajarkan umat muslim untuk berbuat kebaikan. Berbuat kebaikan dapatlah dilakukan dengan berlomba melakukan segala perintah Allah. Umat muslim yang berlomba dalam hal kebaikan akan menghasilkan amal terbaik. Seorang muslim dengan amal yang baik akan menunjukkan tingkat imannya yang baik pula. Seperti yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 25 dan Al-Ashr ayat 3, yang mengandung makna bahwa perbuatan baik itu aktualisasi dari keimanan.

Allah berfirman:

“Sebesar apa pun kebaikan itu, walau hanya sebesar biji zarah akan dibalas oleh Allah SWT (QS az-Zalzalah: 7-8) dan tidak akan disia-siakan.” (QS at-Taubah: 105).

Dikutip dari khazanah.republika.co.id, berlomba dalam kebaikan mengandung empat makna, yaitu:

1. Bergegas melaksanakan kebaikan

Dalam berbuat kebaikan tidak perlu menundanya nanti atau besok. Sesungguhnya hanya Allah Yang Maha Mengetahui kapan batas usia manusia. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik mungkin waktu yang diberikan Allah untuk berbuat hal baik.

2. Meningkatkan kualitas kebaikan

Setiap perilaku baik haruslah memiliki kualitas yang semakin baik. Jika hari ini belum baik, esok harus lebih baik lagi, begitu seterusnya. Terus mengevaluasi setiap tindakan, perbaiki, dan tingkatkan kualitasnya.

3. Mengorientasikan sistem, kaderisasi, dan proyeksi jangka panjang dalam menyebarkan kebaikan

Manusia pasti akan mati, namun kebaikannya tidaklah terputus. Inilah makna lain dari hadis yang menyatakan, ketika meninggal, anak Adam akan putus semua amalnya kecuali tiga hal, yaitu sedekah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya. Itu tiga hal yang mengandung makna sistem, kaderisasi, dan proyeksi jangka panjang suatu amal saleh.

4.  Sebarluaskan kebaikan

Sebarluaskan segala hal yang baik, terbarkan kebaikan dimanapun. Hal ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Tunjukkan kebaikan tak hanya dari perkataan, namun juga perbuatan.

 

One thought on “Berlomba-Lomba dalam Hal Kebaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *