Gelar Kelas Menghafal Al Qur’an untuk Isi Liburan Anak

www.griyaquran.org- Liburan bagi anak itu seperti dua mata pisau. Jika dimanfaatkan dan direncanakan dengan baik, liburan akan menambah berbagai ilmu dan pengalaman baru. Namun sebaliknya, liburan justru bisa membawa dampak buruk bagi anak. Karenanya Griya Al Qur’an Cabang Madiun menyiapkan kegiatan untuk mengisi liburan, yaitu menambah hafalan Al Qur’an.

“Kegiatan ini sebenarnya berfungsi mengalihkan kegiatan anak dari gadget atau TV yang cenderung lebih banyak mudharatnya ke Al Qur’an,” kata Siti Nurrohmah, coordinator kegiatan yang diberi nama Liburan Seru itu.

Ia kemudian mengatakan bahwa telah mendapatkan banyak keluhan dari banyak orangtua tentang anaknya yang kecanduan hand phone dan televisi. “Anak zaman sekarang, sebagian besar waktunya tidak bermain ke luar rumah bersama temannya, tapi berjam-jam bisa dihabiskan bermain hp. Ini meresahkan banyak orangtua,” katanya.

Kegiatan yang digelar mulai 25 Juni hingga 11 Juli ini ternyata disambut baik, sebanyak 62 anak tergabung di dalamnya, baik dari Cabang Madiun maupun Ngawi. Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini tak hanya digelar di Madiun tapi juga di Ngawi. Tujuannya, selain untuk pembenahan bacaan Al Qur’an juga menambah hafalan baru bagis peserta. “Untuk mencegak kebosanan, kami menggelarnya tidak full dalam sepekan, hanya Selas, Kamis dan Sabtu, pukul 07.00-09.30,” jelasnya.

Kegiatan ini, Ustadzah Siti menjelaskan, diawali dengan sholat dhuha bersama- sama, kemudian dilanjut murojaah dan hafalan bersama. Agar lebih menyenangkan, setiap setelah ngaji, Griya Al QUr’an membagikan minuman dan makanan ringan yang bervariasi. Tak hanya itu, panitia juga menyediakan doorprice dan souvenir menarik yang berisi motivasi agar peserta istiqomah belajar Al Qur’an, terutama menghafalkannya. “Alhamdulillah, anak-anak suka,” kata wanita asli Ngawi itu. (wir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat