Kaderisasi Guru Al Qur’an

Sebuah Peluang Amal Jariyah untuk Anda dan Keluarga

 

 

Guru adalah sebuah profesi yang sangat mulia, kehadiran guru bagi peserta didik ibarat sebuah lilin yang menjadi penerang tanpa batas, tanpa membedakan siapa yang diteranginya. Dalam mengemban amanah, seorang guru perlu tampil sebagai sosok profesional. Sosok yang memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan, dapat memberi contoh teladan dan pribadi yang selalu berusaha untuk maju. Selain itu, ia juga harus selalu termotivasi untuk menjadi yang terdepan dan mengembangkan diri, agar mendapatkan inovasi yang bermanfaat terutama untuk bahan pengajaran kepada peserta didiknya.

Sebagai sebuah lembaga dakwah dan pengajaran di bidang al Qur’an yang menerapkan asas-asas profesional, Griya Al Qur’an membutuhkan guru yang berkualitas prima. Sejak berdiri 5 tahun lalu, perkembangan program dan jumlah siswa saat ini tidak seimbang dengan jumlah SDM yang ada, baik staf, guru ataupun personil level manajerial. Hal inilah yang mendasari dirintisnya sebuah pusat pelatihan (training center) untuk pengembangan SDM pada awal tahun 2011 yang lalu, sekaligus sebagai modal untuk memajukan lembaga di dalam mengarungi berbagai tantangan dakwah ini.

Saat ini Griya Al Qur’an Training Center berpusat di Jl. Teluk Buli I/3-5-7 Surabaya. Di lokasi ini terdapat fasilitas masjid, perkantoran, ruang kelas, laboratorium komputer dan asrama. Fasilitas-fasilitas tersebut dirancang untuk menunjang kegiatan sampai dengan 200 siswa binaan dan 20 guru serta pembina. Adalah Yayasan Ibadurrahman yang telah membangun fasilitas tersebut dan menyerahkan pengelolaannya kepada Griya Al Qur’an Training Center. Untuk mengelola fasilitas tersebut, kami membutuhkan dana operasional yang cukup besar. Oleh karena itu, kami menawarkan partisipasi dalam bentuk donasi biaya operasional (rincian terlampir).

 

 

PROGRAM UTAMA

Melatih dan menghasilkan guru al Qur`an yang berkualitas dan berkompetensi tinggi. Berkualifikasi hafal al Qur’an minimal 5 juz, aqidahnya lurus, ibadahnya benar sesuai syariat, berakhlak terpuji, berilmu, berwawasan, trampil, dan mempunyai kemampuan komunikasi serta soft skill yang baik.

Menyelenggarakan pelatihan bagi guru al Qur’an dan pegiat dakwah sesuai bidang dan kebutuhan. Dengan materi yang berorientasi pada profesionalisme, mengacu pada ilmu-ilmu yang shahih, dan menggunakan pendekatan modern dalam pelaksanaannya.

 

KUALIFIKASI LULUSAN

  1. Hafal Al Qur’an minimal 3 juz
  2. Memahami dasar-dasar aqidha Islam, akhlaq, dan fiqih ibadah
  3. Bisa membaca hadits dengan benar
  4. Menguasai Fiqih Ikhtilaf (Thaharah, Shalat, Jenazah dan Puasa).
  5. Hafal 20 hadits Arba’in An-Nawawiyah
  6. Memahami dan mampu berkomunikasi secara efektif
  7. Mampu berkhotbah, berceramah dan mengisi kajian dalam majelis taklim (berbobot, sistematik dan dikemas menarik)
  8. Bisa memimpin rapat secara efektif
  9. Bisa membuat program kerja
  10. Bisa membuat laporan kegiatan
  11. Berakhlaq karimah

 

KUALIFIKASI CALON PESERTA

  1. Minimal lulusan setingkat SMA, Di utamakan Sarjana (S1)
  2. Mampu membaca Al Qur’an secara tartil
  3. Hafal Al Qur’an minimal 1 juz
  4. Memiliki semangat belajar yang tinggi
  5. Bersedia mengikuti pelatihan mulai dari awal hingga akhir
  6. Bukan perokok
  7. Bersedia ditugaskan setelah selesai pelatihan
  8. Diutamakan yang berpengalaman menjadi imam atau pengurus masjid
  9. Diutamakan yang berpengalaman mengisi majelis taklim dan khutbah Jum’a
  10. Diutamakan yang mempunyai pengalaman organisasi/semi organisasi
  11. Lulus seleksi

 

KURIKULUM

 

ANGGARAN

Kebutuhan dana operasional Griya Al Qur’an Training Center meliputi 2 sub anggaran yaitu rutin bulanan dan paket program. Paket program imam masjid dan diklat guru Al Qur’an masing-masing terdiri dari 3 angkatan per tahun. Rincian anggaran bisa dilihat disini, adapun secara garis besar adalah sebagai berikut:

 

Sinergi dan kerjasama dalam dakwah adalah suatu kemutlakan. Peran serta semua pihak dalam aspek-aspek yang berbeda akan menghasilkan energi untuk berbuat yang terbaik bagi umat. Kami sangat berharap partisipasi para donatur dalam mendukung dakwah ini. Jazaakumullah khoiron katsiro.

 

 

Untuk informasi dan kontribusi, Anda dapat menghubungi:

Ustadz Aziz Sulthon (GM Griya Al-Qur’an Training Center)
031 328 8787 (jam kantor) atau 0856 4854 8751

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *