Berani Mengakui dan Menebus Kesalahan

Semua perbuatan manusia pastilah tercatat mana yang baik dan buruknya. Meski kebaikan maupun keburukan sekecil apapun tidak akan luput dari perhitungan. Sebagai umat muslim tentunya kita ingin agar terbebas dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan, terutama dosa mendzalimi orang lain.

Oleh karena itu, segeralah meminta maaf pada mereka yang telah didzalimi.

Rasul bersabda:

“Orang yang rugi pada umatku adalah dia yang dating pada Hari Kiamat dengan (membawa pahala) shalat, puasa, dan zakat, namun dia juga telah mencela ini, menuduh ini, makan harta ini, membunuh ini, memukul ini, sehingga orang itu mendapat pahala kebaikannya dan juga mendapat dosandari keburukannya. Jika kebaikannya habis sebelum tindakannya selesai dihukumi, maka kesalahan orang yang ia dzalimi itu akan ditimpakan kepadanya, sehingga ia dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim)

Manusia yang belum memahami akan murka Allah SWT. Mereka tidak takut, tidak peka, tidak cemas, tidak pula khawatir atas janji dan ancaman Allah. Padahal sepanjang hidup di dunia, mereka telah banyak mendzalimi orang.

Berbeda dengan orang yang beriman, tersirat rasa takut dalam jiwa mereka setiap mengingat ancaman Allah SWT. Hatinya menciut hingga terus berusaha meminta ampun atas setiap kedzaliman yang pernah dilakukannya. Setelahnya, ia konsisten untuk berbuat adil terhadap setiap orang.

Allah berfirman:

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebaikan, memberi kepada kaum kerabat.”(QS. An Nahl: 90).

Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa berbuat dzalim terhadap harta dan kehormatan saudaranya, hendaknya ia segera meminta keikhlasan orang tersebut, sebelum dinar dan dirham tidak berlaku lagi. (Saat itu yang berlaku) hanya kebaikan dan keburukan.” (HR. Muslim)

Segeralah mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan yang telah kita perbuat terhadap mereka yang telah kita sakiti. Bertaubatlah dan mohon ampunan pada Allah SWT. Teruslah berada di jalan yang ditunjuk Allah agar terhindar dari murka-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat