Agar Kita Ikhlas

Dalam surat al bayyinah dijelaskan bahwa Allah menciptakan manusia diperintah untuk beribadah secara ikhlas tanpa ada unsur tujuan lain kecuali hanya semata-mata menghamba. Hamba atau lebih lengkapnya hamba sahaya adalah memberikan seluruh aktifitas kepada sang majikan. Tanpa perbuatan mustahil Allah menilai kita sebagai seorang hamba yanga baik.

Dalam hal ini kita akan memberikan tips  agar berbuat sesuatu dilaksanakan dengan ikhlas tanpa ada tendensi apapun kecuali hanya semata-mata menghamba kepada Allah swt
. Diantaranya adalah;

  1. berbuatlah sesuatu diawali dengan niat yang benar hanya semata-mata karena Allah.
  2. membiasakan diri untuk tidak terlena dalam pujian orang dan tidak kecil hati dengan caci maki orang lain, karena penilaian orang lain bersifat subyektif.
  3. lakukan semua perbutan terencana dan tertata sesuai dengan aturan agama. Dan jangan sekali-kali menginginkan pujian dari orang lain
  4. tanamkan secara dalam di lubuk hati kita bahwa Allah akan melihat segala perbutan yang kita lakukan bukan hanya melihat lahiriyahnya tetapi Allah melihat dari sisi lahir dan bathin.
  5. Allah adalah maha kuasa, kekuasannya tidak terbatas. Jikalau suatu ketika banyak orang yang mempersoalkan dengan apa yang kita lakukan padahal selama ini kita berbuat sesuatu yang benar maka jangan ada takut sedikitpun.
  6. agar kita bisa melakukan perbuatan ikhlas jadikanlah sebuah perbuatan itu sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah, tenaga dan kesehatan adalah pemberian Allah dan sudah semestinyalah kita mengembalikannikmat-nikmat ini kepada Allah ta’ala.

Semoga tulisan ini bermanfaat

3 thoughts on “Agar Kita Ikhlas

  • July 27, 2013 at 21:42
    Permalink

    sy hanya mengoreksi soal penulisan kata Allah yang menggunakan a (kecil) di awal kata. Mohon diperbaiki. Terima kasih.

    Reply
    • August 20, 2013 at 17:13
      Permalink

      Terimakasih atas koreksinya

      Reply
  • August 1, 2016 at 13:08
    Permalink

    Mw tanya ada g program belajar hafal Al quran tuk anak 4th??cz saya ingin mengikutkan anak saya dlm pembelajaran hafal quran..
    Trimakasi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *